Home Berita APSI Jatim bersama IAI Tribakti Kediri adakan Pendidikan dan Pelatihan Paralegal Nasional

APSI Jatim bersama IAI Tribakti Kediri adakan Pendidikan dan Pelatihan Paralegal Nasional

141 views
0
SHARE

FAKULTAS SYARIAH- Pendidikan dan Pelatihan Paralegal menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas Paralegal di Indonesia. Hal itulah menjadi salah satu alasan kenapa Dewan Pengurus Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Wilayah Jawa timur bekerjasama dengan IAI Tribakti Kediri. “Alhamdulillah, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Paralegal Tingkat Nasional Angkatan III dapat dilaksanakan di kampus kita ini,” ungkap salah satu panitia kegiatan, Nailal Muna., S.H.I., Mpd.I.

Selain itu kegiatan ini, juga wujud komitmen Memorandum of Understanding (MoU) APSI dengan Fakultas Syariah IAI Tribakti Kediri. “Kegiatan ini wujud kongkret kerjasama yang diadakan bulan Maret tahun lalu,” terang panitia yang juga Kaprodi Ahwal  Asyakhsyiyah ini.

Tak tanggung-tanggung, kegiatan tingkat nasional ini diadakan selama tiga hari. Yakni mulai 21-23 Mei 2022 secara hibryd.  Sedangkan peserta ada 50 dari berbagai mahasiswa dan instansi. “Setiap tahun selalu ada peningkatan untuk peserta bahkan ada yang dari Madura hingga Aceh,” jelasnya.

Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah ‘Fungsi, Peran, Perkembangan paralegal di Indonesia’. Narasumber yang dipilih tentu sangat kompeten di bidang Paralegal yakni Sulaisi S.HI, M.IP, dan Hj. Fatimah S.sy, M.H. Kedua narasumber tersebut berasal dari Advocad wilayah Jawa Timur dan Yogyakarta. Dan juga Rektor IAI Tribakti Kediri, Dr. KH. Reza Ahmad Zahid., Lc. MA. Menyampaikan materi pada hari ketiga.

Sementara itu, Bapak Dekan berharap kegiatan ini dapat berjalan kontinue setiap tahunnya. Sehingga paralegal yang merupakan salah satu pendamping Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dapat terbantu dengan maksimal. “Sehingga masyarakat juga semakin terbantu oleh LBH tersebut,” jelasnya. (HUMAS/BAGUS)