Home Berita Antusias Belajar Langsung Manajemen Ziswaf Di BMH Kediri

Antusias Belajar Langsung Manajemen Ziswaf Di BMH Kediri

100 views
0
SHARE

FAKULTAS SYARIAH- Kamis lalu (24/2) puluhan mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAI Tribakti Kediri melaksanakan kunjungan studi di Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kediri. Hal itu bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam memahami dengan manajemen Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF). “Kami ingin Mahasiswa Perbankan Syariah langsung mendapatkan pengalaman manajemen ZISWAF dari praktisinya,” ungkap Sutantri, M.E, Kaprodi Perbankan Syariah.

Bertempat di Aula BMH Kediri Jalan Pesantren VI No 5, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Puluhan mahasiswa pun tak sabar untuk mendapatkan pengetahuan terkait pengelolaan dana ZISWAF di BMH Kediri. Terlihat juga Dosen Perbankan Syariah Bagus Romadhon M.E yang juga turut mendampingi Kaprodi Perbankan Syariah.

Fauzan S.Ag menjadi perwakilan dari BMH Kota Kediri yang memberikan berbagai materi terkait pelaksanaan program di BMH. “Kami memiliki banyak program untuk masyarakat yang bersumber dari ziswaf,” jelasnya.

Adapun diantaranya program  yang dimiliki oleh BMH yakni Dai Tangguh, Senyum Anak Indonesia, Mandiri Terdepan hingga Siaga Bencana Nusantara. “Semua dikelola secara amanah. Salah satu indikatornya BMH tidak hanya di audit secara intern namun juga ekstern,” jelasnya.

Mahasiswa pun juga aktif bertanya setelah pemaparan dari pemateri. Diantaranya ada yang bertanya faktor penghambat dan pemicu bertumbuhnya dana ZISWAF. Ada juga yang menanyakan tentang cara meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menunaikan Zakat.

Untuk diketahui, BMH adalah lembaga amil zakat yang bergerak dalam menghimpun dana zakat, infaq, sedekah wakaf dan hibah berikut dana sosial kemanusian, CSR perusahaan dan melakukan distribusi melalui program pendidikan dakwah sosial kemanusian dan ekonomi secara nasional. Sejak 2015 BMH dikukuhkan menjadi LAZNAS oleh Kementerian Agama RI. (HUMAS/BAGUS)