Home Berita Adakan Penentuan Arah Kiblat dan MoU di Masjid Al Karim IAI Tribakti...

Adakan Penentuan Arah Kiblat dan MoU di Masjid Al Karim IAI Tribakti Kediri

69 views
0
SHARE

SYARIAH- Masjid Al Karim IAI Tribakti Kediri sudah hampir selesai direnovasi total. Untuk itu, kemarin (20/10) diadakan penentuan arah kiblat pasca pemasangan keramik lantai satu, dan lantai belum dipel atau disucikan . “Penentuan arah kiblat, dilakukan oleh Lajnah Falakiah PNCU Kota Kediri” ungkap Dr. Ahmad Fauzi, Dekan Fakultas Syariah.

Selain dari Lajnah Falakiah PCNU Kota Kediri, mahasiswa Prodi AS pun juga turut membantu untuk penetapan arah kiblat. “Sesuai dengan ketentuan arah kiblat 24 derajat 19 menit” jelasnya.

Kesempatan inipun tentu tidak disia-siakan oleh para mahasiswa untuk ikut praktek penentuan arah kiblat dengan didampingi dosen Ilmu Falak yaitu Bapak Bahrudin, dan mereka tampak antuasias mengikutinya. “Alhamdulillah, mereka langsung bisa praktek. Hal ini juga menjadi salah satu praktek Mata Kuliah Ilmu Falakiyah,” tutur Bapak Bahrudin.

Selain itu, Fakultas Syariah juga mengadakan MoU bersama PCNU Kota Kediri. Salah satu pointnya adalah tentang pembelajaran Ilmu Falak. “Hal ini penting kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan Ilmu Falak Mahasiswa Prodi AS,” harapnya.

Untuk diketahui, Masjid Al Karim telah menyelesaikan renovasi total selama hampir satu tahun. Semua bagian memiliki nuansa yang baru. Warna hijau dan kuning menjadi warna dominan di kubah. Selain itu, kesan timur tengah juga sangat terasa di area dalam masjid yang saat ini berlantai dua tersebut. (HUMAS/BAGUS)