Home Berita Diskusi BEM, Fenomena Kartu Keluarga Untuk Pasangan Nikah Siri

Diskusi BEM, Fenomena Kartu Keluarga Untuk Pasangan Nikah Siri

61 views
0
SHARE

SYARIAH- Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 108 Tahun 2019 yang sedang viral di media menimbulkan polemik di masyarakat, khususnya kaum hawa. Seperti yang diketahui, salah satu poin penting dari Permendagri tersebut adalah tentang pasangan nikah siri dapat memperoleh Kartu Keluarga (KK). “Maka dari itu kami adakan diskusi fakultatif ini” jelas Nailal Muna Kaprodi AS yang juga menjadi pematik diskusi ini.

Dilaksanakan secara offline, diskusi ini membahas seluk beluk tentang Permendagri No. 108 Tahun 2019 tersebut. Diantaranya fenomena banyaknya nikah siri di Indonesia, hak waris pasangan nikah siri hingga dampak dari Permendagri tersebut. “Semua tema tersebut dibahas dalam kaca mata Hukum Keluarga Islam” jelas kaprodi yang juga melanjutkan program doktornya di UIN Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung tersebut.

Tema ini pun menjadi menarik untuk didiskusikan oleh mahasiswa Prodi AS. Berbagai pertanyaanpun dilontarkan. Salah satunya, tentang banyaknya nikah siri padahal sudah ada UU Perkawinan. “Semoga dengan diskusi ini, akan menambah wawasan mahasiswa AS” pungkasnya. (HUMAS/BAGUS)