Home Berita Syariah Bersyiar Sukses Ditutup Dengan Seminar Edukasi Sistem Pembayaran Bersama Perwakilan...

Syariah Bersyiar Sukses Ditutup Dengan Seminar Edukasi Sistem Pembayaran Bersama Perwakilan BI Kediri

63 views
0
SHARE

FAKULTAS SYARIAH – Syariah Bersyiar kembali dihelat dengan sukses. Sebagai penutup acara bergengsi ini, BEM Fakultas Syariah mengadakan Seminar bertajuk ‘Edukasi Sistem Pembayaran’. Tak tanggung-tanggung Deputi Kepala Perwakilan BI Kediri, CT. Wibowo dan Ibu Liana Ciptowati sebagai Asisten Manajer Sistem Pembayaran menjadi pematerinya. “Kami ingin mahasiswa IAI Tribakti semakin paham sistem pembayaran berbasis online,” ungkap Dr. H. Ahmad Fauzi, Lc M.H.I., Dekan Fakultas Syariah.

Pentingnnya Pendidikan literasi agar masyarakat mengetahui system pembayaran yang dilaksanakan oleh BI. Pak Fauzi memaparkan sistem pembayaran perspektif Maqosid Syariah dalam system pembayaran. Memuji peran BI sebagai otoritas system pembayaran di Indonesia yang mempunyai tugas yang besar dalam menjaga stabilitas pergerakan perekonomian negara. Beliau mengutip keterangan dari Ibnu Asyur ketika beliau menerangkan sebuah hadist barang siapa yang berperang karena mempertahankan hartanya maka ketika mati menjadi mati yang syahid. Ibnu Asyur mengomentari hadist ini “Kalau matinya orang yang menjaga hartanya dihukumi mati syahid, bagaimana dengan orang yang hidup untuk menjaga dan mengolah kekayaannya untuk kebaikan kehidupan secara individu, masyarakat apalagi untuk kebaikan negara”.

Hal ini sekaligus sebagai motivasi bagi mahasiswa dan para akademisi ekonomi yang hadir untuk berperan aktif dalam keuangan syariah demi kemajuan perekonomian Indonesia.

Acara yang dilaksanakan di Aula Mahrus Aly, Senin (4/10) lalu itu diikuti oleh puluhan mahasiswa, khususnya Prodi Perbankan Syariah. Berbagai penjelasan terkait edukasi sistem pembayaran dikemas menarik oleh pemateri. “Diharapkan sebagai mahasiswa harus paham dengan sistem pembayaran,” ungkap Pak Fauzi di salah satu sesi. Mahasiswapun tampak antusias. Mereka tampak serius dan bertanya ketika sesi tanya jawab.

Untuk diketahui, Syariah Bersyiar merupakan agenda tahun yang rutin dilakukan oleh BEM Fakultas Syariah. Beberapa rangkaian kegiatanpun juga dilombakan. Antara lain, lomba karya tulis ilmiah, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), kaligrafi kontemporer hingga lomba poster.

Sementara itu, Kaprodi Perbankan Syariah Bu Tantri, menambahkan bahwa Syariah Bersyiar menjadi salah satu wadah Fakultas Syariah untuk mengembangkan minat dan kreatifitas sebagai mahasiswa. “Semoga minat dan kreatifitas mahasiswa semakin meningkat dan kami ucapkan terima kasih banyak kepada Bapak CT. Wibowo atas kesediaannya menyampaikan materi. Semoga BI dan kampus Tribakti dapat selalu sinergi.” tandasnya.(HUMAS/BAGUS)