Home Berita BEM Fakultas Syariah Mengadakan Kunjungan Ke Balai Rukyatul Hilal Gresik

BEM Fakultas Syariah Mengadakan Kunjungan Ke Balai Rukyatul Hilal Gresik

48 views
0
SHARE

Kemarin tepatnya Rabu (29/6/22) BEM Fakultas Syariah bersama Pimpinan Fakultas Syariah IAI Tribakti Kediri mengadakan kegiatan rukyatul hilal. Adapun lokasi rukyatul hilal tersebut berada di Balai Rukyatul Hilal Condrodipo Gresik. Kegiatan rukyatul hilal di Gresik ini biasanya dilakukan setahun tiga kali. Yaitu pada saat penentuan awal Romadhon, Syawal dan Dulhijjah. Pada acara tersebut juga hadir dari Perwakilan Kementrian Agama Gresik, PCNU Gresik dan tokoh lainnya.

Penentuan awal Bulan Dulhijjah ini dilakukan di seluruh Indonesia. Titik terbanyak berada di Jawa Timur. Kurang lebih ada 30 titik yang ada di kota maupun kabupaten di wilayah Jawa Timur. “Rukyatul hilal dilakukan sebagai panduan keagamaan. Hal ini merupakan suatu ibadah, entah nanti terlihat atau tidak”, sambutan dari pengelola Balai Rukyatul Hilal Gresik tersebut.

Pada agenda yg dilakukan BEM ¬†Fakultas Syariah tersebut, diikuti kurang lebih 60 mahasiswa. Adapun bapak ibu dosen juga turut serta dalam acara tersebut. “Rukyatul hilal ini juga merupakan implementasi dari mata kuliah Ilmu Falaqiyah, semoga kegiatan yg sempat berhenti saat pandemi ini dapat berjalan terus setiap tahunnya”, kata Bapak Imam Bahrudin selaku dosen mata kuliah Ilmu Falaqiyah.

Perlu diketahui bahwa kegiatan rukyatul hilal ini sudah berjalan mulai tahun 2010. Tapi dua tahun belakang sempat ditiadakan karena pandemi. Dalam kegiatan rukyatul hilal ini rombongan juga menyempatkan berkunjung ke Makam Gus Dur Jombang, Zoo Surabaya, dan Makam Sunan Giri.