Home Uncategorized Ricky Maulana Mahasiswa Prodi AS Yang Jadi Delegasi Falaqiyah di PWNU Jatim

Ricky Maulana Mahasiswa Prodi AS Yang Jadi Delegasi Falaqiyah di PWNU Jatim

137 views
0
SHARE

FAKULTAS SYARIAH – Ilmu Faliqiyah menjadi salah ilmu yang wajib dimiliki oleh mahasiwa Prodi Ahwalul Syaksiyah di IAI Tribakti Lirboyo Kediri. Ilmu yang salah satunya mempelajari penyeragaman kalender hijriyah ini menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiwa di Prodi AS. “Ini (Ilmu Falaq,Red) penting dimiliki untuk para mahasiswa agar ketika terjun di masyarakat dapat dimanfaaatkan sebaik-baiknya,” ungkap Nailal Muna, S.H.I, M.Pd.I kaprodi AS.

Yang menarik, salah satu mahasiswa Prodi AS sudah berhasil mengimplentasikan ilmu falaqiyah di tingkat jawa timur. Namanya Ricky Maulana mahasiswa semester 2 yang berhasil menjadi delegasi di pelatihan Falaqiyah di PWNU Jawa Timur. “Alhamdulillah, turut senang bisa ikut menjadi delegasi di tingkat Jatim,” tutur Ricky.

Menurutnya pelatihan tersebut menjadikannya semakin paham tentang ilmu falaqiyah dengan lebih modern. “Jadi pelatihannya berbasis dengan Android,” jelasnya.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Kantor PWNU Jatim tanggal 2 Juni lalu. “Semoga ilmu yang saya pelajari kedepan bermanfaat,” harap Ricky.

Sementara ini Bu Nailal menegaskan pentingnya ilmu falaqiyah untuk mahasiswanya. “Karena Pengadilan Agama adalah pengambil sumpah saat rukyatil hilal. selain itu KUA punya kewenangan untuk melalukan rukiyatul hilal di wilayahnya. Jadi mahasiwa AS dipersiapkan untuk itu” tegas beliau. (HUMAS/BAGUS)